Lakukan 5 Langkah Berikut Ini Untuk Menumbuhkan Minat Baca Kepada Anak Sejak Dini

Kebiasaan membaca memang sangat penting untuk anak. Anak yang gemar membaca tentunya memiliki pengetahuan yang lebih banyak pikiran yang lebih kritis dan juga lebih bijak.

Dari membaca, anak-anak pun juga dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dengan optimal. Maka dari itu, penting bagi orangtua untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Pasti banyak dari orang tua yang masih penasaran mengenai apa saja yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Yuk, coba biasakan hal-hal ini di rumah, ya:

  • Persiapkan buku-buku di rumah

Kebiasaan membaca https://www.gurupendidikan.co.id/ tentunya berawal dari beragamnya akses sumber daya berupa buku, baik milik sendiri atau buku-buku yang ada di perpustakaan sekolahnya. Dengan begitu, lama-kelamaan akan menyadari bahwa buku-buku itu penting.

  • Ajari kiat membaca di era modern

Seiring dengan perkembangan zaman. Membaca tidak hanya bisa dilakukan di buku konvensional saja. Anak-anak juga bisa membaca melalui e-book atau buku elektronik yang bisa didapatkan dengan mudah di berbagai layanan penyedia aplikasi di internet.

Bahkan, membaca berita-berita akurat pun juga dapat dikategorikan sebagai proses belajar membaca. Jadi, selain mengajarkan anak untuk membaca melalui buku, ajarkan pula pada anak bagaimana cara mengakses informasi dan buku-buku secara benar melalui internet. Hal ini penting supaya nantinya mereka tidak mudah termakan hoax dan dapat mengoperasikan internet dengan baik

  • Ajak berdiskusi saat membaca

Bukan sekadar menyediakan buku buku dan gadget terbaru untuk membaca, orangtua juga harus berpartisipasi dalam proses mengajarkan anak membaca sejak dini. Proses menumbuhkan minat baca anak akan Percuma saja apabila orang tua tidak mau ikut berpartisipasi dan berdiskusi mengenai bahan-bahan yang dibaca oleh anak.

Selain itu, anak pun juga tidak bisa secara optimal menyaring informasi yang baik dan benar apabila orang tua tidak ikut serta. Jadi, Anda harus proaktif. Namun, bukankah itu Anda yang baik mengingat anak yang banyak bertanya apalagi setelah membaca adalah ciri anak-anak yang kritis dan cerdas?

  • Membelikan buku sesuai umur

Menumbuhkan minat baca anak sejak dini bukan berarti harus memberikannya semua jenis buku. Berikanlah buku-buki yang memang diperuntukkan bagi usia anak Anda. Jangan terlalu ambisius saat mengajarkan anak membaca dan jangan pula terburu-buru.

Layaknya pertumbuhan badan anak, pertumbuhan mental juga memerlukan proses. Tidak mungkin anak Anda bisa langsung memahami segala hal di dunia ini dalam waktu yang cepat. Biarkanlah anak-anak bersenang-senang dengan buku yang memang menyenangkan untuknya. Lama-kelamaan, membaca pun bukan sekadar menjadi sebuah kewajiban tetapi juga sebuah kebiasaan yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu.

  • Ajak ke perpustakaan

Bila Anda tinggal di kota besar dengan akses ke perpustakaan modern berteknologi tinggi yang mudah, maka tidak ada salahnya mengajak anak untuk pergi ke perpustakaan di akhir minggu. Hal tersebut akan membuat anak menjadi menyenangi buku, menyukai informasi-informasi yang bermanfaat, serta tentunya akan menumbuhkan minat baca anak sejak kecil.

Namun pastikan anak Anda sudah dapat diberi tahu mengenai norma-norma kesopanan yang harus dilakukan di perpustakaan, seperti misalnya tidak boleh berisik, tidak boleh mengambil buku, dan lain sebagainya. Bila anak masih terlalu kecil, sebaiknya tidak perlu mengajak anak ke perpustakaan karena akan mengganggu orang lain dan belum tentu menyenangkan bagi anak.

Diatas tadi adalah beberapa langkah mudah untuk menumbuhkan minat baca kepada anak sejak dini. Tidak sulit kok, asalkan Anda selalu telaten dalam membiasakan anak untuk membaca ya.